CARA MENGETAHUI JENIS KULITMU

Peranan kulit amat sangat penting karena merupakan organ tubuh paling luar yang melindungi organ dalam dari faktor eksternal tubuh. Kebersihaan dan kesehatankulit bagi wanita adalah sebuah keharusan. Agar tidak salah pilih dalam perawatan kulit, anda harus dapat mengenali jenis kulit anda sendiri karena masing-masing jenis kulit manusia berbeda-beda.

Berikut ini beberapa jenis kulit yang umumnya kita kenali :

  1. KULIT NORMAL
    Jenis kulit normal merupakan idaman bagi setiap wanita dan pria karena merawat jenis kulit normal jauh lebih mudah dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Jenis kulit normal ditandai dengan ukuran pori-pori yang kecil, permukaan kulit lembut dan elastisitas. Tanpa melakukan riasan apapun jenis kulit ini sudah terlihat indah dan terbebas dari noda. Cara gampang mengenali jenis kulit normal adalah usapkan tisu di pagi hari, jika tidak ada minyak yang menenpel maka jenis kulit anda termasuk jenis kulit normal.
  2. KULIT KERING
    Kulit kering mempunyai tanda-tanda serimh mengelupas dan mudah timbul kerutan. Selain itu tanda-tanda yang lain adalah kulit terlihat kusam dan ketika di gores akan terlihat bekas putih yang menendakan bahwa kulit bersisik. Terkadang pada beberapa jenis orang akan terlihat ada belang putih dan coklat. Jenis kulit ini harus mendapatkan perawatan kulit yang tepat. Terjadinya kulit kering karena kurangnya kelenjar minyak yang dihasilkan. Cara mengatasi kulit kering adalah dengan sering menggunakan pelembab serta minum air putih. Tetapi keuntungan kulit kering adalah tidak disinggahi oleh jerawat.
  3. KULIT BERMINYAK
    Pori-pori besar menjadi penanda jenis kulit berminyak wajah terlihat mengkilap dan ditumbuhi jerawat serta komedo. Kelenjar minyak yang berlebihan yang kemudian menimbulkan jerawat dan noda. Jenis kulit berminyak membutuhkan perawatan lebih, Untuk itu wanita yang memiliki jenis kulit ini harus teratur membersihkan kotoran pada kulit wajah.
  4. KULIT KOMBINASI
    Kulit ini merupakan gabungan dari dua kombinasi jenis kulit, yaitu kulit kering dan berminyak. Secara umum kita akan melihat kulit kombinasi sebagai kulit yang tampak lembut dan tidak keriput. Namun daerah yang meliputi dahi, hidung, dan dagu merupakan daerah dengan kulit berminyak, sedangkan di bagian pipi dan sekitar mata merupakan daerah kulit kering. Cara merawat jenis kulit ini dengan menggunakan astrigent pada area berminyak dan menambahkan pelembab di area-area kering.
  5. KULIT SENSITIF
    Kulit jenis ini dapat ditandai dari munculnya masalah sebagai akibat dari penggunaan kosmetik, tempaan sinar matahari maupun angin dan udara yang pada jenis kulit lain tidak menimbulkan efek terlalu buruk. Kulit jenis ini sangat peka terhadap rangsangan yang datangnya dari luar. Biasanya pemilik jenis kulit ini mempunyai riwayat alergi. Produk perawatan kulit ringan akan sangat membantu bagi pemilik jenis kulit sensitif.

Semoga anda dapat mengenali jenis kulit anda sendiri dan dapat melakukan perawatan wajah yang cocok dengan jenis kulit anda..

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *